Seta-Shikamaru Souji On Selasa, 26 Juli 2011



Packet Tracer adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Cisco. Dimana software tersebut berfungsi untuk membuat suatu simulator jaringan komputer atau sering disebut dengan computer network. Dalam software ini telah tersedia beberapa komponen–komponen atau alat–alat yang sering dipakai atau digunakan dalam system network tersebut, Diantara lain seperti LAN Cable ( cross over, straight, console, dll ), Serial Cable , Computer, End Devices, Router, Switch, Hubs, Wireless Devices, Connections, Wan Emulation dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat dengan mudah membuat sebuah simulasi jaringan komputer di dalam PC Anda. Simulasi ini berfungsi untuk mengetahui cara kerja pada tiap–tiap alat tersebut dan cara pengiriman sebuah pesan (packet data) dari komputer 1 ke komputer lainnya.Aplikasi ini dapat digunakan untuk simulasi dari desain, konfigurasi hingga troubleshooting. Pengguna dapat secara langsung mengatur dan mengkonfigurasi jaringan yang akan di desainnya. Selayaknya pengguna secara nyata seakan akan di depan komputer yang terhubung ke jaringan. Tampilan yang iteraktif dan kompleks, sehingga memungkinkan pengguna dapat mengembangkan kemampuan dalam mengatur jaringan secara interaktip dan menarik, sehingga kita dapat bermain sambil belajar dari aplikasi ini.


Pada saat artikel ini dibuat sudah mencapai versi 5.x. Penggunaan software ini bisa untuk pemula, menengah sampai mahir. Karena hanya dengan drag and drop icon (computer, end devices, router, switch, hubs, wireless devices, connections, wan emulation) yang diinginkan, Anda bisa melakukan simulasi jaringan dengan mudah dan cepat.

Beberapa penggunaannya hampir sama dengan setting pada sistem operasi yang biasa Anda gunakan, misalnya untuk setting IP, atau CLI seperti command prompt Windows tersedia di software ini atau mungkin terminal Linux juga terdapat pada software simulasi jaringan ini. Sehingga tidak begitu sulit untuk mengenal dan menggunakan software ini.
Bagi seorang mahasiswa software ini sudah terbukti sangat membantu dalam peningkatan ilmu pengetahuan di bidang jaringan atau sejenisnya karena dalam praktek matakuliah jaringan komputer andaikan tanpa simulasi saya harus mengeluarkan banyak biaya, Untuk para pekerja atau masyarakat umum, software ini pasti sangat berguna pula dalam pekerjaan Anda, percobaan simulasi jaringan bisa Anda gunakan menggunakan software Packet Tracer ini sebelum melakukan jaringan komputer secara real/nyata. Sehingga menghindari resiko kesalahan dan menghemat waktu dalam analisis jaringan komputer.

Dibawah ini salah satu perancangan model jaringan komputer dengan menggunakan sofware Packet Tracert.


Beriku ini adalah contoh interface ketika komputer anda telah terinstal software Cisco Packet Tracer.

ciscopackettracer Simulasi Jaringan Menggunakan Cisco Packet Tracer

Dan ini ketika saya mencoba membangun sebuah jaringan sederhana.

 Simulasi Jaringan Menggunakan Cisco Packet Tracer

Bagaimana, penasaran dengan software ini? Anda bisa menunduhnya secara gratis dengan mengklik link ini. icon smile Simulasi Jaringan Menggunakan Cisco Packet Tracer
Sumber :
http://www.cisco.com/web/learning/netacad/course_catalog/PacketTracer.html

2 Responses so far.

  1. Ichallan says:

    thanks share'nya sob...

  2. Unknown says:

    keren bnget mksh y udh sngt mmbntu tgs sya

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga postingan saya bermanfaat. Tolong berikan pendapat anda tentang postingan saya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments